Galaksi itu apa?

Galaksi yaitu sesuatu sistem yang terikat oleh style gravitasi yang terdiri atas bintang ( dengan semua bentuk manifestasinya, diantaranya bintang neutron serta lubang hitam ), gas serta debu kosmik medium antarbintang, serta kemungkinan substansi hipotetis yang dikenal dengan materi gelap. kata galaksi datang dari bahasa yunani galaxias ; ; ; ; ; ; ; ;, yang bermakna susu, yang mengacu pada galaksi bima sakti ( bahasa inggris : milky way ). tipe-tipe galaksi berkisar dari galaksi kerdil dengan sepuluh juta bintang sampai galaksi raksasa dengan satu triliun bintang, seluruhnya mengorbit pada pusat galaksi. matahari yaitu di antara bintang di galaksi bima sakti ; tata surya terhitung bumi serta seluruh benda yang mengorbit matahari. kemungkinan ada kian lebih 100 miliar ( 1011 ) galaksi pada alam semesta teramati. beberapa besar galaksi berdiameter 1000 sampai 100. 000 parsec serta umumnya dipisahkan oleh jarak yang dihitung dalam jutaan parsec ( atau megaparsec ). area antar galaksi terisi dengan gas yang mempunyai kerapatan massa kurang dari satu atom per mtr. kubik. beberapa besar galaksi diorganisasikan ke dalam sesuatu himpunan yang dimaksud klaster, untuk lantas membentuk himpunan yang semakin besar yang dimaksud superklaster. susunan yang semakin besar ini dikelilingi oleh area hampa didalam alam semesta. walau belum dipahami dengan menyeluruh, materi gelap tampak menyusun lebih kurang 90% dari massa beberapa besar galaksi. data pengamatan tunjukkan lubang hitam supermasif kemungkinan ada pada pusat dari banyak ( bila tidak seluruh ) galaksi.

Etimologi

Kata galaksi diturunkan dari arti bahasa yunani untuk milky way ( galaksi kita ), galaxias ( ; ; ; ; ; ; ; ; ), atau kyklos galaktikos. kata ini bermakna lingkaran susu, sesuai dengan penampakannya di angkasa. dalam mitologi yunani, zeus meletakkan anak laki-lakinya yang dilahirkan oleh manusia biasa, bayi heracles, pada payudara hera saat hera tengah tidur hingga bayi tersebut meminum susunya serta dikarenakan itu jadi manusia abadi. hera terbangun saat tengah menyusui serta lantas mengerti ia tengah menyusui bayi yang tidak dikenalnya : ia mendorong bayi tersebut serta air susunya menyembur mewarnai langit malam, membuahkan pita sinar tidak tebal yang dikenal dalam bahasa inggris sebagai milky way ( jalur susu ).

Tipe Galaksi

Galaksi bisa dikelompokkan dalam tiga type utama : eliptik, spiral serta irregular. dikarenakan sistem klasifikasi hubble cuma menurut pada pengamatan visual, klasifikasi ini barangkali melupakan sebagian cii-ciriistik penting dari galaksi, layaknya laju pembentukan bintang ( di galaksi starburst ) serta kegiatan inti galaksi ( di galaksi aktif ). sistem klasifikasi hubble membedakan galaksi eliptik menurut tingkat keelipsannya, dari e0 yang nyaris berbentuk lingkaran, sampai e7 yang amat lonjong. galaksi tersebut mempunyai bentuk basic elipsoid, hingga terlihat elips dari beragam sudut pandang. galaksi jenis ini terlihat mempunyai sedikit susunan serta sedikit materi antar bintang, hingga galaksi tersebut mempunyai sedikit gugus terbuka serta laju pembentukan bintang yang lambat. Galaksi jenis ini didominasi oleh bintang yang berusia tua yang mengorbit pusat gravitasi dengan arah yang acak. dalam perihal tersebut, galaksi jenis ini serupa dengan gugus bola. galaxies. cornell university. 2005-10-20. unknown parameter |/refaccessdate= ignored ( help ) galaksi starburst merupakan akibat dari tabrakan antar galaksi serta bisa membuahkan pembentukan galaksi eliptik. galaksi spiral terdiri dari piringan berbentuk bintang serta materi antar bintang yang berotasi, dan gembung pusat yang terdiri dari bintang-bintang tua. ada lengan spiral yang menjulur dari gembung pusat. dalam sistem klasifikasi hubble, galaksi spiral ditandai sebagai jenis s, diikuti huruf ( a, b, atau c ) yang tunjukkan tingkat kerapatan dari lengan spiral serta ukuran dari gembung pusat. galaksi sa mempunyai lengan spiral yang kurang jelas serta membelit dengan rapat, dan gembung pusat yang relatif besar. namun galaksi sc mempunyai lengan spiral yang terbuka serta gembung pusat yang relatif kecil. beberapa besar galaksi spiral mempunyai bentuk batang linier yang memanjang ke dua segi dari gembung inti, yang lantas berhimpun dengan susunan lengan spiral. di sistem klasifikasi hubble, galaksi ini dikategorikan sebagai sb, serta diikuti huruf ( a, b atau c ) yang mengindikasikan bentuk lengan spiralnya. batang galaksi diperkirakan merupakan susunan sesaat yang dikarenakan oleh gelombang kejut dari inti galaksi, atau dikarenakan hubungan pasang surut dengan galaksi lain. banyak galaksi spiral berbatang yang berinti aktif, kemungkinan dikarenakan ada gas yang menuju ke inti melewati lengan spiral. galaksi bima sakti merupakan galaksi spiral berbatang ukuran besar dengan diameter lebih kurang 30 kiloparsecs serta ketebalan lebih kurang satu kiloparsec. bima sakti mempunyai lebih kurang 200 milyar ( 21011 ) bintang dengan massa keseluruhan lebih kurang 600 milyar ( 61011 ) kali massa matahari.

Comments

Popular posts from this blog

Besaran Panjang, Massa, dan Waktu

Garis Keturunan Nabi Ibrahim Sampai Nabi Muhammad

Apa itu Cybercrime ?